Pages

Subscribe:

Minggu, 01 September 2013

Fasilitas-fasilitas Dalam Internet



Internet mempunyai berbagai fasilitas untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. agar dapat menggunakan fasilitas di internet dengan baik, anda harus mampu membedakan fungsi pelayanan yang ada di internet dan memahami istilah-istilah yang digunakan dalam internet. Beberapa fasilitas yang terdapat di internet antara lain sebagai berikut:

1. World wide web (WWW)
WWW atau yang lebih dikenal dengan web merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi, anda dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web baik berupa teks, gambar, suara, film maupun multimedia.

2. Mesin Pencari (Search Engine)
Untuk mencari informasi di internet yang dapat berupa web.

3. Email (Electronic Mail)



Email digunakan untuk komunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain sebagai surat elektronik.


4. HTTP (Hyper text transfer protokol)
HTTP merupakan fasilitas basis dari WWW. dengan fasilitas ini, anda dapat mengakses informasi dari suatu situs web yang ditulis dengan bahasa HTML.

5. Kelompok diskusi (Mailing List)
Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas email.

6.  FTP (File transfer protokol)
FTP (file transfer protokol) digunakan untuk mengambil data file secara elektronik. internet telah menyediakan fasilitas file (data) atau dokumen yang siap untuk diakses secara gratis.

7. Chatting
Merupakan salah satu fasilitas untuk berkomunikasi antarsesama pemakai internet dengan menggunakan media tulis secara online dan realtime

8. Newsgroup Newsgroup merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara jarak jauh, di mana anda dapat memberikan pendapat dan tanggapan melalui internet.

9. Multimedia Streaming
Fasilitas yang menayangkan multimedia secara langsung (online)
.
10. Blog
Merupakan situs web yang dikelola oleh perorangan, biasanya berisi catatan pribadi, liputan kegiatan, dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi.

11. Toko Online
Fasilitas jual beli barang secara online .

Sumber : BKS TUNTAS TIK Kelas XI

0 komentar: